Dunia segera sirna,siapkan bekal untuk meninggalkannya!!!


Disusun oleh: Hafidz al Mustofa Abu Najah, Lc
Disampaikan waktu kajian ahad dhuha Masjid al-Amin
Jl. Semampir Tengah IIIA/25 Surabaya
Berkata sahabat yang Mulia Ali Bin Abi Thalib: dunia akan segera pergi berlalu dan akherat akan segera datang menjelang dan masing-masing dari keduanya memiliki anak-anak. Maka Jadilah kalian anak-anak akherat dan jangan menjadi anak-anak dunia, sebab hari ini hanya ada amal tidak ada hisab dan hari esok hanya ada hisab tidak ada amal. (Shahih Bukhari)
Saat ini kita hidup di zaman yang sudah tua, anak anak kita nanti insya Allah bila diberi umur panjang tentunya mereka akan hidup di zaman yang lebih tua daripada zaman kita. Semakin tua zaman maka semakin dekat dengan hari kiamat, dan apabila kiamat sudah semakin dekat maka semakin dahsyat dan kencang arus fitnah. Banyak sekali Hadits Rasulullah shallalahu alaihi wasaalam yang mengabarkan tentang munculnya banyak fitnah yang begitu dahsyat menjelang hari kiamat, berikut ini diantaranya:
Dari Abu Hurarirah bahwasanya Rasulullah shallalahu alaihi wasaalam Bersabda: segeralah kalian beramal sebelum datang kepada kalian fitnah yang sifatnya seperti potongan malam yang gelap gulita, akibat fitnah itu orang yang pagi hari beriman sore harinya bisa berubah menjadi kafir, atau sore dalam keadaan beriman esok paginya berubah menjadi kafir, dia jual prinsip agamanya demi memperoleh secuil kenikmatan dunia.(HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallalahu alaihi wasaalam bersabda: Tidak akan datang hari kiamat sebelum ilmu dicabut, banyak terjadi gempa, waktu terasa cepat, banyak muncul fitnah dan banyak terjadi pembunuhan.(HR. Bukhari)
Sungguh benar nabi kita, Fitnah-fitnah yang beliau kabarkan saat ini sudah banyak bermunculan,lihatlah kondisi sekitar kita: Banyak kasus korupsi,Banyak pula kasus suap-menyuap,Langkanya kejujuran, bahkan karena langkanya sampai dikatakan: “jujur ajur”,Banyak pemalsuan nilai disekolah-sekolah,Maraknya pergaulan bebas sehingga banyak remaja-remaja melakukan hubungan seks diluar nikah, akibatnya banyak remaja putri hamil diluar nikah, lalu aborsi. kalau ada remaja yang shalih dan menjaga pergaulan justru dikatakan “Kuper”.,Narkoba dan obat-obat terlarang susah dibendung,Wanita mengumbar aurat dimana-mana, kalau ada wanita yang konsisten menutup aurat justru dibilang ekstrim,Pengeboman,pengrusakan dan pembunuhan diatasnamakan jihad, Pembelaan terhadap prostitusi, Berkembangnya paham-paham sesat ditanah air yang justru memperoleh dukungan dari para tokoh muslim.Maraknya kekerasan seksual,Alqur’an ditelantarkan jarang dibaca, kalaupun dibaca hanya sampai tenggorokan, tidak sampai ke hati. Maraknya acara –acara hiburan yang melalaikan umat dari mempelajari agamanya. DLL
Dan seiring berjalannya waktu akan semakin kencang arus fitnah tersebut, hingga sampai pada fitnah yang paling besar dan paling dahsyat sepanjang sejarah hidup manusia yaitu FITNAH DAJJAL, Rasul kita bersabda:
semenjak diciptakan adam sampai hari kiamat tidak ada makhluk yang lebih besar fitnahnya daripada Dajjal (HR. Muslim)
Di hadits lain Rasulullah juga bersabda:Demi Allah nanti ada seorang yang mendatangi Dajjal dan ia mengira dirinya akan tetap beriman, ternyata dia mengikuti Dajjal dikarenakan dahsyatnya syubhat yang ia bawa. (HR. Al Hakim Dishahihkan Oleh Al Albani)

Mari siapkan bekal untuk diri dan anak keturunan kita

  1. Bekali diri anda dengan Taqwa,
    dengan taqwa kita bisa mengajarkan taqwa kepada anak-anak kita ,kalau kita tidak punya taqwa bagaimana kita akan bisa mengajari anak kita bertaqwa??? Dan dengan taqwa kita berarti telah mengasuransikan anak kita kepada Allah. lihat surat An Nisa: 9. Lihat juga Surat Al Kahfi: 82

  2. ilmu agama yang bermanfaat
    ilmu yang bermanfaat bisa membentengi pemiliknya dari berbagai macam fitnah, diantara buktinya: kisah Qarun dalam Al Qur’an surat Al Qashas: 79-80. bukti yang lain adalah kisah seorang pemuda yang dibunuh dajjal yang terdapat dalam shahih Muslim. Rasulullah bercerita: “Muncullah dajjal dan dia diharamkan untuk masuk kota madinah maka diapun menuju ke suatu lembah pinggir madinah maka keluarlah seorang manusia diantara manusia yang terbaik dizaman itu,dan dia berkata kepada Dajjal: saya bersaksi bahwa engkau adalah dajjal yang pernah dikabarkan oleh Rasulullah dalam haditsnya,dajjal berkata: apa pendapat kalian kalau aku bunuh orang ini lalu aku hidupkan kembali dia,masih ragukah kalian tentang perkara ketuhananku? mereka menjawab: kami tidak ragu lagi,maka dibunuhnya orang ini lalu dihidupkan kembali. orang tadi berkata; justru sekarang ini saya semakin yakin kalau kamu benar-benar dajjal.(HR. Muslim)

  3. Melatih diri untuk memiliki sifat Qanaah dan Zuhud
    saya menyebutkan menyebutkan dua hal ini karena pada hadits Abu hurairah yang disebut didepan dijelaskan bahwa yang banyak membuat seseorang terpeleset dari jalan hidayah adalah sifat tamakya terhadap dunia. ia lebih menitik beratkan pada gaya dan selera hidup daripada kebutuhan hidup. baca sekali lagi sabda rasul shallalahu alaihi wasaalam:
    “Segeralah kalian beramal sebelum datang kepada kalian fitnah yang sifatnya seperti potongan malam yang gelap gulita, akibat fitnah itu orang yang pagi hari beriman sore harinya bisa berubah menjadi kafir, atau sore dalam keadaan beriman esok paginya berubah menjadi kafir, dia jual prinsip agamanya demi memperoleh secuil kenikmatan dunia”

  4. Akrabkan diri anda dengan al Qur’an
    Bersahabat dengan Al Qur’an bisa meneguhkan hati dan melindunginya dari ancaman fitnah, Lihat surat Al Furqan Ayat 32.

  5. Perangi slogan –slogan yang menyesatkan

  6. Cari teman yang baik agamanya

  7. Berdo’a meminta keteguhan iman
    Dan diantara do’a yang patut untuk kita ajarkan kepada anak-anak kita khususnya dizaman fitnah ini adalah:


رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ


"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia). )Qs. Ali Imran:8)

يَا مُقَلِّبَ القُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ


Wahai Yang membolak-balikkan hati tetapkan hatiku diatas agamamu (HR. Bukhari)

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ "


Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari adzab Jahannam,adzab qubur,fitnah hidup dan fitnah kematian dan dari buruknya fitnah dajjal. (HR. Muslim).
Unduh rekaman kajiannya disini

Demikan semoga bermanfaat. Amin

Post A Comment: